Serba Serbi Teknik Sipil: Lantai Keramik yang Semakin Apik

Pages

Lantai Keramik yang Semakin Apik

Penutup lantai dari bahan keramik paling banyak dipakai. Tak heran, karena saat ini ubin keramik sudah tersedia dalam berbagai pilihan yang menarik.
Lantai pada bangunan tempat tinggal sekarang ini lebih banyak menggunakan penutup lantai yang keras (hard flooring) dengan bahan dasar tergolong jenis mineral.
Secara garis besar, bahan penutup lantai dibedakan menjadi dua, yaitu yang merupakan bahan alami dan buatan manusia. Yang merupakan bahan alami contohnya adalah batu granit, marmer, serta limestone. Disebut alami karena batu-batu ini setelah dipotong dari tempat asalnya, bisa langsung digunakan. Paling tidak, proses yang harus dilewatinya hanyalah proses pemolesan agar permukaannya rata dan licin.
Sementara itu, penutup lantai yang merupakan hasil karya manusia antara lain ubin semen, beton, dan keramik. Jenis penutup lantai seperti ini dibuat dengan cara menggabungkan beberapa bahan (biasanya mineral).
Menurut Henry Kembaren (Vice president Marketing PT Intikeramik Alamasri—distributor ubin merek Essenza), ubin yang sering disebut sebagai keramik sebenarnya ada dua jenis, yaitu ubin keramik berglazur dan ubin porselen. “Kata ‘keramik’ sendiri berasal dari bahasa Yunani keramos yang artinya tanah liat (clay),” ujarnya. Jadi, baik keramik berglazur maupun porselen terbuat dari tanah liat, hanya saja bahan pencampurnya berbeda.
Sebagian besar ubin keramik yang ada di pasaran merupakan buatan pabrik. Ubin keramik buatan tangan biasanya hanya digunakan untuk keperluan dekorasi, karena harganya yang mahal akibat pembuatannya tidak bisa massal.

Keramik Berglazur

Jenis ubin ini di pasaran dikenal sebagai ubin keramik biasa. Bahan dasarnya adalah tanah liat yang permukaannya diberi lapisan glazur. Lapisan ini gunanya untuk memperkuat ubin sekaligus memberi kesan mengkilap.
Saat ini proses pembuatan ubin keramik dimulai dengan mencampur bahan tanah liat dengan kaolin. Campuran ini kemudian dibakar pada suhu 1000ºC sampai tidak hancur jika direndam dalam air.
Dahulu, ubin keramik pilihan warnanya terbatas, tetapi seiring dengan perkembangan teknologi, sudah mulai dikenal proses pencetakan (printing) di permukaan ubin tersebut. Dengan teknologi ini, ubin keramik berglazur bisa memiliki motif menyerupai marmer, kayu, bahkan anyaman bambu.

Ubin Porselen

Jenis ubin yang merupakan pengembangan lebih lanjut dari ubin keramik ini disebut juga ubin homogen (homogenous tile). Sebutan tersebut disandang ubin ini karena bahan pembuatnya dicampur menjadi satu dan tidak terdapat lapisan apapun pada permukaannya. “Ke-homogen-annya ini pula yang menyebabkan ubin porselen memiliki daya serap air rendah, mencapai 0,05 %,” kata Henry.
Proses pembuataan ubin porselen pertama-tama dimulai dari penggilingan bahan-bahan mentah yang berupa campuran feldspar, pasir kuarsa, dan tanah liat. Campuran yang mirim bubur ini kemudian dikeringkan sehingga menjadi butiran sangat halus yang lalu dipres ke bentuk ubin. Setelah dipres dengan beban ribuan ton, ubin-ubin “mentah” ini dikeringkan kembali. Setelah itu baru dibakar di atas suhu 1250ºC—suhuh optimal untuk mendapatkan ubin yang keras tapi tidak getas. Terakhir, ada yang langsung dipotong-potong sesuai ukuran dan ada yang dipoles dahulu sebelum dipotong. Proses akhir ini menyebabkan ada dua jenis ubin porselen, yaitu yang permukaannya kasar (karena tidak dipoles) dan yang permukaannya halus/mengkilap.
Proses pemolesan merupakan proses yang terbilang mahal. Karena ini pula, ubin porselen harganya lebih mahal 2 sampai 8 kali dibandingkan dengan ubin keramik berglazur. Untuk mengurangi biaya produksi, ada ubin porselen yang sengaja tidak dipoles tetapi dilapisi dengan glazur agar permukaannya tetap licin. Produk yang dihasilkan dari teknik gabungan ini khusus dibuat agar sebagian konsumen masih tetap bisa menggunakan lantai porselen namun dengan harga yang lebih terjangkau.

Meniru Alam

Ubin keramik juga mengenal motif. Untuk membuat motif pada ubin porselen ada dua cara. Pertama, dengan mencetak di atas permukaannya (printing) dan yang kedua dengan mencampur bahan pembuatnya sehingga menghasilkan motif-motif tertentu. Cara pertama banyak digunakan untuk membuat motif pada ubin keramik berglazur, sementara cara kedua sering dipakai pada ubin porselen, walaupun kombinasi keduanya juga memungkinkan.
Saat ini kebanyakan ubin keramik, baik yang berglazur maupun porselen, “meniru” motif alam seperti yang terdapat pada ubin marmer atau granit. Namun, kelemahannya jika menggunakan teknik pencetakan, motif yang sama akan berulang. Saat dipasang, pengulangan motif ini tentu akan menimbulkan kesan tidak alami. Untuk mengakalinya, saat ini proses printing dilakukan dengan cara acak, sehingga kemungkinan untuk kembali dengan motif yang sama akan sangat kecil.
Pada ubin keramik, bukan saja motif yang diambil dari batuan alam, tetapi juga tekstur. Selain permukaan yang halus dan licin, ubin keramik juga tersedia dengan permukaan yang kasar yang lebih menujukkan kesan alami. “Benjolan-benjolan” yang membuat permukaan ubin kasar pun diusahakan agar tidak cepat berulang dengan cara mengacak potongannya. Untuk lebih menonjolkan kesan alami tadi, ubin keramik jenis ini tidak dipoles sehingga tidak mengkilap. Ubin yang kasar ini biasanya digunakan pada lantai luar rumah, seperti teras, atau pada bagian-bagian rumah seperti kamar mandi atau kolam renang. Penggunaan ubin kasar pada bagian “basah” tersebut untuk mencegah lantai terlalu licin.

Keunggulan Keramik

Selain motif-motifnya yang cantik dan beragam, alasan orang memilih lantai keramik adalah karena kekuatannya. Karena sudah melalui proses pembakaran yang sangat tinggi, keramik menjadi sangat keras tetapi tidak getas. Bahkan, berkat kandungan bahan-bahan tertentu seperti feldspar, yang memiliki nilai kekerasan 6 dalam skala Mohs, porselen sangat kuat. Kekerasannya ini 3 kali lipat dibandingkan tanah liat biasa. Kekerasan ini berperan dalam ketahanan permukaan dan kuat tekan ubin keramik, sehingga ubin tidak tahan gores dan tidak mudah pecah.
Hal lain yang berpengaruh pada ketahanan keramik adalah porositasnya. Porositas ini menentukan seberapa besar daya serap air pada pori-pori keramik. Yang baik tentu saja yang memiliki daya serap air rendah, karena dengan demikian ubin keramik tersebut lebih padat. Secara internasional disyaratkan bahwa daya serap air pada produk ubin keramik adalah 0,5%. Pada produk yang baik, persentase ini bahkan lebih rendah lagi, mencapai 0,05%.
Dari segi kesehatan, penggunaan lantai keramik lebih baik dibandingkan lantai yang dilapisi karpet. Berbeda dengan karpet yang biasanya menjadi “sarang” debu, permukaan keramik yang licin membuat debu enggan menempel. Licinnya permukaan ubin keramik ini akibat dari porositas tinggi yang dimiliki ubin jenis ini. Selain pengaruhnya positif bagi kesehatan, debu yang sulit menempel juga membuat ubin keramik mudah dibersihkan. Disapu dan dipel setiap hari sudah memadai untuk mendapatkan lantai yang bersih mengkilap.
Karena sudah digunakan secara luas, saat ini ubin keramik tersedia dalam berbagai pilihan yang memudahkan penggunaannya. Dari segi ukuran, ubin keramik dipasarkan dalam ukuran mulai 15 x 15, 30 x 30, 40 x 40, sampai 60 x 60 (dalam satuan cm). Jika diperlukan, pemotongan keramik bisa dilakukan dengan mudah. Ini membuat pemasangan ubin keramik lebih variatif dan desainnya tidak terbatas, disesuaikan dengan keinginan konsumen.
Harga ubin keramik tergolong tidak mahal, apalagi jika dibandingkan dengan ubin batu alam seperti marmer atau granit. Sebagai gambaran, per meter persegi dengan biaya Rp 70.000 sampai Rp 200.000, konsumen sudah bisa mendapatkan lantai porselen. Sementara itu, untuk lantai marmer, per meter perseginya dihargai Rp 200.000 sampai Rp 500.000. Lantai keramik berglazur harganya lebih murah lagi, kira-kira separuh harga ubin porselen.

Yang Sedang Trend

Karena merupakan bagian dari interior bangunan, lantai keramik pun punya trend-nya sendiri. Saat ini, menurut Leo Widjaya (Technical Support Manager PT Intikeramik Alamasri), dari segi ukuran, konsumen lebih memilih ubin yang berukuran besar. “Yang paling banyak dipakai adalah ukuran 40 x 40,” ujarnya. Kecenderungan ini sebenarnya baik, karena konsumen kini tidak terpaku lagi pada anggapan bahwa jika ruangan kecil maka keramik yang dipakai juga berukuran kecil. Soalnya, penggunaan ubin berukuran besar membuat ruangan berkesan lebih luas. Dan ini sangat cocok diterapkan pada ruang-ruang kecil.
Dalam soal warna, ubin keramik dengan warna-warna natural masih menjadi primadona. Yang paling banyak dipilih konsumen saat ini adalah warna putih, beige, dan coklat muda. Warna-warna tersebut memang relatif “aman” karena mudah dipadankan dengan warna-warna elemen interior lain. Lantai sebaiknya tidak memiliki pola-pola yang ramai, karena umumnya sebuah ruangan 60 persennya akan tertutup oleh furnitur. Pola yang sudah dibuat tersebut akan sia-sia, selain juga akan mempersulit penempatan furnitur itu sendiri.

Anggapan Salah

Ubin keramik seringkali dipasang dengan tidak cermat. Akibatnya, terjadi masalah-masalah seperti nat yang berantakan, ubin retak, sampai pecah. Menurut Henry, ini terjadi karena ada beberapa anggapan yang masih perlu diluruskan di masyarakat berkaitan dengan lantai. Pertama, orang masih menganggap bahwa biaya pembuatan lantai itu hanya berupa biaya pembelian ubin. Dana yang disisihkan untuk pemasangan sangat sedikit, biaya tukang ditekan seminim mungkin, dan grouting (bahan pengisi antara ubin) pun dipilih yang berkualitas rendah. Akibatnya, hasil pemasangan lantai jadi sembarangan yang berbuah masalah-masalah di atas.
Yang kedua, pengerjaan lantai seringkali dianggap sebagai pekerjaan struktur. “Padahal,” ujar Leo, “lantai merupakan bagian dari interior.” Namanya pekerjaan interior, segalanya harus dilakukan lebih cermat, didesain secantik mungkin, dan dikerjaan serapi mungkin. Jika ini yang dilakukan, lantai yang apik yang diidamkan setiap rumah pun akan terwujud. (sca)
FOTO: SIS
Box:
Berapa Banyak Keramik yang Dibutuhkan?
Menghitung kebutuhan ubin keramik yang terpakai dalam sebuah ruangan tidak semudah membagi dan mengalikan ukuran. Dalam pemasangan sering terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya ubin pecah atau ujungnya gompel. Belum lagi jika sudut-sudut ruangan mengharuskan ubin dipotong sehingga sisanya tidak bisa terpakai. Ini harus diantisipasi dengan melebihkan jumlah ubin keramik yang harus dibeli. Tetapi kelebihan ubin tersebut juga jangan sampai terlalu banyak yang buntutnya merupakan pemborosan.
Untuk pemasangan biasa secara lurus, biasanya dilebihkan 1% sampai 2% dari kebutuhan. Sementara itu, jika pemasangan dilakukan secara diagonal, ubin yang dilebihkan mencapai 4%. Satu kotak ubin keramik umumnya untuk menutupi lantai seluas 1 m2. Misalnya, sebuah ruangan berukuran 5 m x 5 m atau 25 m2, membutuhkan ubin keramik 25 kotak. Untuk kelebihannya berarti 1% dari 25 kotak atau 0,25 kotak. Karena tidak memungkinkan membeli seperempat atau setengah kotak, maka untuk kasus di atas kelebihannya dihitung 1 kotak. Jadi, total ubin keramik yang harus disiapkan adalah 26 kotak.
Box:
Apa itu KW1, KW2, dan KW3?
Anda pasti sudah sering mendekar istilah KW1, KW2, dan KW3 jika membicarakan lantai keramik. Sebenarnya semua istilah tersebut adalah pengelompokan ubin keramik berdasarkan kualitasnya. KW1 merupakan kelas keramik yang kualitasnya paling bagus, KW2 kelasnya ada di bawahnya, dan seterusnya.
Ubin keramik yang masuk ke kategori KW1 boleh dibilang tidak memiliki cacat atau penyimpangan ukuran yang berarti. Malah ada produsen yang langsung menggolongkan ubin keramik bercacat sekecil apapun ke dalam kelas KW2. Dengan demikian ubin keramik KW1-nya benar-benar bebas dari cacat.
Ubin keramik KW2 masih “boleh” memiliki cacat kecil, misalnya goresan, cacat permukaan, distorsi warna, dan sedikit penyimpangan ukuran. Dengan catatan, cacat tersebut masih samar. Karena kualitasnya lebih rendah, harga ubin keramik jenis ini juga lebih rendah dibanding ubin KW1.
Kualitas yang lebih rendah lagi disandang ubin keramik KW3. Jenis ini mengijinkan adanya cacat yang terlihat pada permukaannya. Penyimpangan ukurannya juga lebih besar, Ubin keramik KW3 harganya terendah dibandingkan KW2.

2 comments:

  1. untuk pemasangan ubin agar jarak antar ubin rata dan rapi gunakan tile spacer, seperti "Tavy Tile Spacer" http://ignatiusbudi.tokobagus.com/konstruksi-dan-taman/peralatan-kerja/tavy-tile-spacers-tools-utk-membantu-pemasangan-keramik-9765027.html

    ReplyDelete
  2. IMS Cleaning 087875146669 Jual beli sewa mesin poles lantai floor polisher 087875146669
    jual beli polisher lantai mesin poles alat cleaning service bekas 087875146669 Jasa spesialis tukang poles lantai marmer granite,teraso Denpasar,gianyar,kuta,bali,jimbaran telp.087875146669 tukang gosok poles selep marmer tegel teraso granite nusa dua,sanur,seminyak,teras ayung,ubud,087875146669 jual mesin grinding poles kupas marmer,granite,beton epoxy 1phase,3phase,mesin kebo,mesin poles marmer lantai telp.087875146669 tukang poles ubin tegel teraso,marmer mojokerto,surabaya,gresik,lamongan,pasuruan,blitar malang,kediri,jombang,banyuwangi 087875146669 jasa cleaning spesialis tukang poles lantai marmer teraso ubin solo,jogja,sleman,ungaran,semarang,temanggung,banyumanik 087875146669 tukang poles marmer kalimantan,teraso,singkawang,pontianak,batam,pangkal pinang,medan,riau,telp/hp.087875146669 tukang poles lantai marmer padang,jambi,palembang lampung jual bubuk pengkilap marmer extra 5 italy 087875146669 tukang poles marmer teraso jakarta bandung sumedang jual beli sewa mesin poles lantai 087875146669 floor polisher bekas second electrolux,columbus,wirbel,ghibli,karcher,falco,lux,rotano,alphalux,fiorentini,087875146669 jual beli barang bekas sewa tukar tambah mesin poles lantai bekas lelangan cleaning service telp.hp.087875146669 tukang poles marmer 087875146669 jual beli polisher lantai
    Jual beli mesin poles lantai floor polisher 087875146669 poles marmer rumah, cempaka putih 087875146669 tp perantara .Untuk para kontraktor designarsitek dijakarta hubungikami jika anda membutuhkan jasa poles lantai marmer 087875146669 granite,terasodan kristalisasi agar lantai kembali mengkilap.,Poles marmer rumah Graha Family tp 087875146669 Surabaya,Poles marmer rumah Dian Istana tp 087875146669Surabaya,Poles marmer rumah Komplek Laguna tp 087875146669Surabaya,Poles marmer rumah Darma Husada tp 087875146669 Surabaya Poles marmer rumah Bumi Galaxy tp 087875146669Surabaya,Poles marmer rumah Citra Land tp 087875146669Surabaya,Poles marmer rumah Komplek Pakuwon tp 087875146669 Surabaya,Poles marmer rumah Citra Harmoni tp 087875146669 Surabaya,Poles marmer rumah Nirwana Eksekutif tp 087875146669Surabaya,Poles marmer rumah Darmo Golftp 087875146669 Surabaya,Polesmarmer rumah Darmo apuncak tp 087875146669Surabaya,Poles marmer rumah Pondok Jati tp 087875146669 Surabaya,Poles marmer rumah Taman Pinang tp 087875146669Surabaya,Poles marmer rumah Grand Family tp 087875146669 Surabaya,Polesmarmer rumah Kertajaya Indah tp 087875146669 Surabaya,Poles marmer rumah MargoMulyo tp 087875146669Surabaya,Poles marmer rumah Genjerantp 087875146669 Surabaya,Polesmarmer rumah perum Wanocolo tp 087875146669 Surabaya,Poles marmer rumah Manyar Kertoarjo tp Surabaya,Poles marmer rumah Manyar Kertoadi tp 087875146669Surabaya,Poles marmer rumah Puri Matahari tp 087875146669

    ReplyDelete