Serba Serbi Teknik Sipil: Cara Pemasangan Gypsum

Pages

Cara Pemasangan Gypsum




Untuk tahu lebih banyak mengenai gypsum (gipsum) silahkan klik disini.
Teknik pemasangan gypsum sendiri dibagi menjadi 2 cara, yaitu:
  • Menggunakan rangka kayu diserut
Rangka kayu harus diserut, agar rata saat pemasangannya. Gunakan kayu dengan kualitas yang baik, sebagai rangka gypsum kita tidak boleh sembarangan dalam memilih jenis kayu. Hal tersebut karena fungsi rangka ini untuk menopang gypsum nanti. Keuntungan rangka kayu adalah bisa diinjak diatasnya saat orang hendak membenarkan instalasi listrik.
  • Menggunakan rangka besi hollow
Besi Hollow sangat baik digunakan untuk pemasangan rangka besi plafon dan dinding partisi rumah, gedung,dll. Kelebihan besi hollow yaitu lebih cepat pemasangannya, lebih kuat, lebih murah, tidak perlu di cat lagi, tahan karat, anti rayap, dan bebas perawatan.
Nah kelebihan Gypsum sendiri ada 2, yaitu:
  1. Hasilnya yang rata dan tampak seperti tidak ada sambungan. Hal tersebut sulit diperoleh jika kita menggunakan bahan plafond triplex atau GRC. Sambungannya akan terlihat saat sudah berumur kira-kira 6 bulan ke atas. Memang di awal nampak rata, namun bahan triplex dan GRC sulit untuk disambung.
  2. Jika ada kerusakan cukup bagian tertentu saja yang diperbaiki, tidak perlu semuanya. Karena gypsum menggunakan sistem dempul yang mirip dengan body mobil. Jadi kita dapat mudah menangani kerusakan.
Kelemahan gypsum yaitu:
  1. Rentan terhadap air dan suhu yang lembab
  2. Mudah bernoda
  3. Akan hancur jika terkena air
Oleh karena itu sebaiknya gypsum benar-benar dijauhkan dari pengaruh air yang dapat merusaknya.
Langsung ke cara pemasangannya ya chingu… :)
  • Langkah 1

Pada langkah pertama , kita memasang rangkanya terlebih dahulu, disini kita bisa menggunakan rangka kayu maupun besi hollow. Sesuai dengan gambar diatas, rangka dipasang dengan arah vertikal dan horisontal
  • Langkah 2

Langkah kedua yaitu kita membuat “cakotan” pada rangka besi tersebut. Hal tersebut dilakukan untuk menopang gysum dan memperkecil bentang pada besi hollow. Maaf kalo ada kata2 yang keliru soalnya susah jelasin yang bagian ini..  Hehew… ;)
  • Langkah 3

Pada langkah ini, gypsum sudah bisa dipasang…
  • Langkah 4

Menutupi sambungan gypsum dengan semen putih dan biasanya ditambahkan isolasi tertentu.
  • Langkah 5
Langkah ini terdiri dari 2 bagian yaitu pemasangan List Gypsum dan juga Finishing yang berupa pengecatan gypsum.

No comments:

Post a Comment